PENINGKATAN KAPASITAS PEMASARAN DIGITAL BAGI WANITA PELAKU USAHA UMKM

  • Zuly Budiarso Universitas Stikubank
  • Wiwien Hadikurniawati Universitas Stikubank
  • Edy Winarno Universitas Stikubank
  • Setyawan Wibisono Universitas Stikubank
  • Endang Lestariningsih Universitas Stikubank
  • Taufiq Dwi Cahyono Universitas Semarang

Abstract

Kelurahan Mangunharjo di Kecamatan Tugu, Kota Semarang, menghadapi tantangan dalam pemasaran produk UMKM, termasuk keterbatasan pengetahuan produk, kesulitan membuat konten menarik, kurangnya strategi pemasaran efektif, dan hambatan membangun keterlibatan pelanggan. WhatsApp dipilih sebagai platform utama karena kemudahannya dan luasnya penggunaan. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemasaran produk UMKM Mangunharjo melalui WhatsApp. Program menggunakan pendekatan kaji tindak partisipatif dan terdiri dari empat kegiatan utama. Pertama, pelatihan tentang produk yang dijual oleh UMKM, termasuk workshop, pembuatan dokumentasi produk, dan pendampingan individu untuk memahami fitur, manfaat, dan keunikan produk, serta cara efektif mengomunikasikannya kepada calon pelanggan.

Kedua, pelatihan pembuatan konten yang menarik, melibatkan pengajaran teknik desain grafis dasar, penulisan persuasif, dan penggunaan alat online untuk membuat gambar promosi dan pesan teks yang menarik. Ketiga, pelatihan strategi pemasaran menitikberatkan pada penggunaan fitur WhatsApp seperti grup, siaran pesan, dan status untuk promosi produk, serta mentoring untuk merancang strategi pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Keempat, pelatihan dalam membangun keterlibatan pelanggan dengan memberikan penekanan pada penyediaan konten relevan, interaksi aktif, serta penjadwalan pesan dan aktivitas pemasaran untuk menjaga keterlibatan pelanggan. Pelaku UMKM diajarkan untuk merespons pertanyaan pelanggan, memberikan umpan balik, dan mengadakan sesi tanya jawab untuk membangun hubungan lebih dekat dengan pelanggan.

Published
2025-03-10
How to Cite
Budiarso, Z., Hadikurniawati, W., Winarno, E., Wibisono, S., Lestariningsih, E., & Cahyono, T. (2025). PENINGKATAN KAPASITAS PEMASARAN DIGITAL BAGI WANITA PELAKU USAHA UMKM. Jurnal Penamas, 9(1), 81 -90. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/penamas/article/view/9999

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>