Skip links

Metanoia Sukses Menjual Kopi Organik Hingga Mancanegara

Wiramuda Unisbank kali ini adalah Metanoia Tatag Pujianti. Lulusan S1 Sastra Inggris ini sukses menjual kopi organik hingga mancanegara. Kesuksesan dalam mendistribusi produknya inilah salah satu poin yang menjadikannya terpilih sebagai Wiramuda Unisbank Tahun 2022.

Kopi organik yang dikemas dengan nama “Kopi Ndeso” adalah bisnis keluarga yang dimulai pada tahun 2017. Kopi Ndeso adalah kopi bubuk robusta yang memiliki rasa unik. Seiiring berjalannya waktu, kopi kami semakin dikenal oleh banyak orang terutama keluarga yang sebagian besar mereka para penikmat kopi. Melalui teman-teman keluarga, mereka ikut memasarkan kopi kami. Tahun 2020 di masa pandemi kami mendaftarkan produk kami ke beberapa online shopping. Hingga akhirnya kopi kami dapat di pesan sampai ke mancanegara, demikian ungkap Metanoia.

Alasan pertama dalam mengembangkan bisnisnya adalah untuk membantu perekonomian keluarga. Berkat kejeliannya dalam menangkap peluang penikmat kopi yang terdiri dari berbagai kalangan, kelas atas hingga kelas bawah, remaja hingga dewasa membuat berani untuk mengembangkan kopi organik.

Berbekal ilmu pemasaran digital yang diterimanya saat mengikuti kuliah kewirausahaan, serta kondisi pandemi yang terjadi pada tahun 2020. Metanoia mencoba mendaftarkan produknya di Tokopedia dan Shopee, dan diluar dugaannya banyak konsumen yang membeli, bukan hanya dari Indonesia tapi juga mancanegara seperti Australia, Singapura dan Hongkong. Pandemi justru membuat usahanya semakin berkembang, disaat yang lain menurun bisnis kopinya malah semakin sukses.

Karakter enterprener yang ditanamkan di Universitas Stikubank membuatnya berani untuk mengambil langkah dalam pengembangan usahanya. Disinilah biasanya seseorang bisa sukses, yaitu saat dia berani melangkah.

Leave a comment