Skip links

Hal Yang Wajib Diperhatikan Di Awal Semester

Apa saja persiapan ketika pertama kali kuliah? Apa saja yang dibutuhkan mahasiswa? Pertanyaan ini pasti terngiang-ngiang bagi para mahasiswa baru. Yang harus dipersiapkan mahasiswa baru tentu banyak sekali mulai dari mempersiapkan segala materi yang yang dibutuhkan saat kuliah nanti, hingga mempersiapkan mental menghadapi lingkungan yang baru. 

Segala perubahan yang akan terjadi akan sangat berpengaruh pada kelancaran perkuliahan jika tidak dipersiapkan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu disiapkan saat semester baru.

  • Pahami Tentang KRS

Sistem penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi tentu saja sangat berbeda dengan sistem pada jenjang sebelumnya. Pada saat SMA tinggal datang dan belajar karena semua jadwal pelajaran telah tersedia, saat kuliah sangat berbeda. Di awal masuk kuliah, harus tahu tata cara mendaftar mata kuliah atau KRS. 

Apa itu KRS? KRS, merupakan kependekan dari Kartu Rencana Studi adalah daftar mata kuliah yang akan diikuti atau diambil oleh mahasiswa dalam satu semester ke depan. Tanpa KRS ini, kita tidak akan bisa mengikuti perkuliahan. KRS ini ibaratnya seperti tiket sekaligus pedoman bagi mahasiswa untuk mengetahui apa saja mata kuliah yang akan dipelajari selama satu semester ke depan dan juga jadwal pelajaran selama satu semester. 

  • Perhatikan Tata Cara Mengisi KRS

Dalam KRS atau Kartu Rencana Studi, biasanya tercantum nama dan nomor induk mahasiswa, angkatan, jurusan, fakultas, serta mata kuliah dan SKS-nya masing-masing. Apakah kita bisa mengisi KRS dengan mata kuliah sembarangan? Tentu saja tidak! 

Mahasiswa harus tahu ketentuan-ketentuan yang diberikan oleh kampus. Ada mata kuliah wajib dan ada juga mata kuliah pilihan. Mahasiswa juga harus memahami mata kuliah prasyarat yang harus diambil sebelum mengikuti mata kuliah tertentu. 

Jika mengalami kebingungan, kita bisa berkonsultasi dengan Pembimbing Akademik atau Dosen Wali. Pembimbing Akademik atau Dosen Wali adalah dosen yang ditunjuk untuk membimbing dan mengarahkan mahasiswa selama kuliah. Bisa dibilang, Dosen Wali ini seperti wali kelas saat kita bersekolah dulu.

  • Kenali Dosen yang Mengajar

Setelah mengisi KRS, mendapatkan jadwal kuliah, ada lagi hal yang perlu mahasiswa lakukan. Cobalah untuk mengenali karakteristik dosen-dosen yang mengajar kita nanti. Hal ini wajib diperhatikan di awal semester kamu karena dosen punya wewenang tersendiri ketika mengajar dan memberi nilai mahasiswa. 

  • Upgrade Skill 

Persiapan kuliah di semester baru, mahasiswa harus berusaha meningkatkan keterampilan baik keterampilan diri sendiri seperti mengelola waktu, juga skill-skill lainnya. Mahasiswa dapat mengikuti kegiatan-kegiatan atau organisasi kemahasiswaan, pelatihan online, magang, dan masih banyak lagi. Jangan mau jadi mahasiswa “kupu-kupu” alias kuliah pulang -kuliah pulang. Carilah kegiatan atau organisasi yang mendukung studimu. Segala pengalaman yang akan kamu dapatkan akan meningkatkan kualitas diri sehingga dapat menjadi bekal ketika sudah lulus nanti.

  • Disiplin pada Jadwal dan Waktu

Memasuki semester baru harus dilakukan dengan penuh ketekunan dan kedisiplinan. Sikap disiplin dan menghargai waktu harus dilakukan supaya kita memperoleh nilai akademik yang  bagus di semester baru nanti. 

Bagaimanapun bentuk kuliahnya nanti, apakah online maupun offline, semuanya harus dipersiapkan dengan baik. Pastikan semua kegiatan di semester kuliah barumu tetap terorganisir dan berjalan sesuai rencana.

Leave a comment