Skip links

Manfaat Menjalin Networking Bagi Mahasiswa

Networking adalah relasi atau jaringan. Bagi dunia kerja networking sangat dibutuhkan. Nah, buat kalian yang masih mahasiswa gak ada salahnya dong coba membangun networking sejak dini. Mungkin manfaat dari networking belum terasa saat kuliah. Tetapi nanti saat kalian sudah lulus dan memasuki dunia kerja baru akan terasa apa manfaat penting dari networking.

Beberapa manfaat dari networking yang bisa didapat:

  • Memiliki beragam informasi dan teman

Relasi atau networking akan memberikanmu beragam informasi dari segala penjuru. Dengan begitu kamu gak akan tuh yang namanya kudet “kurang update”. Beberapa informasi yang akan kamu dapatkan seperti informasi beasiswa, informasi lowongan kerja, info kos, atau bahkan info yang sedang hangat-hangatnya di dunia maya.

  • Belajar komunikasi

Kenapa harus belajar berkomunikasi? Memang komunikasi terkesan simpel dan sederhana. Tapi, masih banyak terjadi kesalahpahaman atau miscommunication. Nah, kamu bisa banget belajar berkomunikasi yang baik dengan membangun relasi. Misalnya ikut organisasi di dalam atau di luar kampus, ikut kegiatan sosial, ikut proyek dosen, dan masih banyak lagi. Sering berkomunikasi dengan beragam kepribadian orang akan membuat kamu paham bagaimana berkomunikasi yang benar. Tidak mungkin kan, ketika kamu ngobrol dengan dosen tapi berbicara seperti dengan teman sebayamu? Hati-hati nilai bisa berpengaruh.

  • Belajar adaptasi di segala situasi

Hal yang satu ini masih berhubungan dengan cara berkomunikasi di atas. Sama halnya dengan komunikasi, ketika kamu datang pada suatu acara tentu kamu harus bersikap sesuai dengan tema acara tersebut. Nah, dengan terbiasa bertemu orang-orang yang beragam di relasimu, kamu akan dengan mudah menyesuaikan diri dengan segala situasi yang ada. Jadi, jangan malas untuk bersosialisasi yaaa!

  • Membuka sebuah peluang

Peluang atau opportunity disini adalah peluang untukmu belajar sesuatu yang baru. Misalnya saat kamu kuliah selain belajar mengenai mata kuliah yang ada di jurusan, kamu dapat belajar untuk mengasah softskill seperti kepemimpinan, tanggung jawab dengan mengikuti himpunan. Dengan ikut himpunan kamu akan semakin dikenal dosen lalu kamu akan memiliki reputasi yang baik dong di mata dosen.

Leave a comment