Skip links

Trend Bisnis 2021 di Indonesia

Proyeksi pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2021 menurut world bank adalah  -1,1% tapi menurut instansi yang sama indonesia tidak mengalami penurunan bahkan ekonomi indonesia diperkirakan akan tumbuh sebanyak 5,2% hingga 5,6% hal ini dikarenakan pada 2021 indonesia memiliki penduduk dengan usia produktif yang banyak. Mari kita manfaatkan kondisi ini dengan melihat Trend Bisnis 2021 di negara indonesia.

  • Subscribtion era

Subscribtion Bussines ialah bisnis degan sistem subsribtion, Bisnis ini cendrung akan tetap stabil walaupun tidak ada penjualan, seperti contoh netflix dan youtube  perlu digaris bawahi subcription era tidak hanya tentang musik dan Video bisa juga kelas online seperti Dicoding atau kesehatan seperti halodoc. Konsep Subscribtion ialah mengutamakan banyaknya orang yang berlagganan 

  • Ethical marketing

Marketing yang etis disini memiliki kunci yaitu otentikasi (Unik) kita bisa lihat orang-orang yang unik memiliki cirihas tersendiri sehingga bisa viral, otentikasi merupakan hal yang penting dalam dunia marketing selain itu ada juga hal yang harus kita perhitungkan seperti transparansi dan kejujuran. Menurut  Tom MC Ifle “saat ada yang bertanya, saya akan menjawab berdasarkan apa yang saya lakukan bukan apa yang kira-kira menurut saya benar ”

  • Personal protection equipment

Seperti yang kita alami sejak pertama kali covid 19 muncul Perlindugan pribadi menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang seperti Masker dan handsanitizer.

  • Content

Dewasa ini siapapun bisa membuat conten tidak peduli dia artis ataupun orang biasa, bisa kita lihat artis tidak hanya fokus pada dunia per-televisian sekarang mereka masuk baik di youtube, spotify Dll. Ini merupakan sinyal bahwa content memiliki nilai jual yang menggiurkan, dengan catatan apakah content kita memiliki nilai sehingga banyak orang yang tertarik atau tidak. Apa sebenarnya yang bisa di dapat oleh content creator? Selain uang, ialah eksistensi kita tidak perlu diundang pada suatu acara untuk bisa terkenal hingga sponsorship.

  • Customizable product

Customizable product atau produk yang bisa disesuaikan seperti jaket dan softcase hp custom kita bisa membeli sesuai dengan kebutuhan kita design yang kita mau.

  • Consious consumerism

Kesadaran konsumen disini berarti pada tahun 2021 konsumen akan bisa memahami produk secara detil seperti harga pasaran, originalisasi dan kualitas produk, bisa dari review youtube atau artikel blog, sehingga menuntut kita sebagai pengusaha berprilaku jujur, memberikan kualitas terbaik dan menggiring cara pandar konsumen kita.

  • Conveniece

Kenyamanan, mau tidak mau kita harus bisa memberikan kenyamanan terhadap konsumen ini menjadi salah satu syarat agar bisnis kita bisa tetap eksis di tahun 2021. Kita harus bisa memahami kebutuhan konsumen dan apa yang membuat konsumen nyaman dan merasa di mudahkan oleh produk kita

Apakah bisnis kita bisa menjadi Trend Bisnis 2021 di Indonesia? Semoga bermanfaat