FTI Unisbank Gelar SINTAK-3 2019

fti unisbank

Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Aplikasi Komputer (Sintak) ke-3 berlangsung pada tanggal 27 November 2019 bertempat di Ruang Seminar Lantai 9 kampus Mugas Unisbank.  Sintak adalah acara tahunan atau sudah menjadi agenda rutin dari Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Unisbank Semarang. Pada Sintak-3 ini Rina Candra, M.Kom bertindak sebagai ketua panitia.  Adapun topik SINTAK-3 adalah Peran dan Dampak Teknologi Financial (Fintech) dalam Ekonomi Digital. Dalam laporannya Rina menyampaikan saat ini tren yang ada dimasyarakat adalah teknologi finansial. Tren tersebut muncul bukan saja karena kemudahan untuk mendapatkan akses keuangan, tapi juga kecepatan dalam memberikan layanan keuangan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Berkaitan dengan tema tersebut, kami menghadirkan beberapa narasumber yang akan menyampaikan materi terkait dengan tema tersebut.  Untuk Seminar Nasional kali ini diikuti sebanyak 180 peserta dengan rincian yaitu 77 sebagai pemakalah dan 103 sebagai peserta seminar non pemakalah. Dan untuk seminar kali ini telah diikuti oleh 20 Perguruan Tinggi di Indonesia.

Rektor Unisbank Dr. Safik Faozi, SH., M.Hum, membuka SINTAK-3 didampingi  jajaran rektorat yaitu Wakil Rektor I Dr. Edy Winarno, M.Eng.,   dan Wakil Rektor III Drs. Widiyanto Tri Handoko, M.Kom, serta seluruh dosen dilingkungan FTI Unisbank.  Dalam sambutannya Rektor menyampaikan Apresiasi kepada selurh peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi, juga para praktisi yang telah mengikuti acara semnas.  Penggunaan Fintech yang luar biasa harus diimbangi dengan pengguna yang paham dengan segala resikonya juga.  Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan juga perlu diwaspadai karena juga diikuti oleh resiko yang besar, sehingga masyarakat musti bijaksana.

Acara Sintak-3 2019 di moderatori oleh Dr. Aji Supriyanto, ST., M.Kom dosen senior FTI Unisbank.  Acara dalam bentuk diskusi panel.  Pada sesi pertama bertindak sebagai pembicara Kristophorus Hadiono, Ph.D., Dekan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank mengambil topik Dampak Fintech bagi Masyarakat.  Selanjutnya sebagai pembicar ke-2 adalah Dr. Roy Rudolf Huizen, S.T., M.T., Staff Ahli Rektor ITB Stikom Bali Bidang Cyber Security dengan Topik:  Security Fintech.  Sebagai pembicara penutup yaitu  Cahyadi Surya dari Bank Central Asia (BCA) dengan Topik Infrastruktur dan Teknologi Industri 4.0.

Selesai para pembica memaparkan topik dilanjutkan dengan tanya jawab dengan peserta atau audien.  Antusiasme peserta luar biasa, beberapa pertanyaan yang muncul menandakan para peserta mengikuti pemaparan dengan seksama.

Facebook
Google+
Twitter

Latest News