Skip links

Kuliah Ekstensi D3 ke S1, Penting Nggak Sih?

Tentunya banyak yang sudah nggak asing dong dengan istilah kuliah ekstensi? Program ini biasanya memang diambil oleh mahasiswa setelah lulus dari D3 untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tapi sebenarnya penting tidak kuliah ekstensi D3 ke S1?

Kuliah ekstensi adalah program yang diambil mahasiswa atau karyawan lulusan D3 untuk melanjutkan studi ke jenjang S1. Mahasiswa yang mengambil program kuliah ekstensi ini tidak perlu mengulang perkuliahan dari awal lagi dan bisa langsung melanjutkan studi. Namun, jika mengambil kelas ekstensi yang berbeda jurusan biasanya kamu harus mengambil mata kuliah dasar lebih dulu dan akan menempuh lebih banyak mata kuliah. 

Biasanya, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan program ekstensi ini sekitar 2 tahun. Saat mengikuti kuliah ekstensi, nantinya akan mempelajari mata kuliah yang sebelumnya tidak dipelajari saat menempuh D3. Mata kuliah yang diberikan dalam program ini bertujuan memperdalam pengetahuan mahasiswa pada lingkup bidang yang dipilih. Jika telah selesai menempuh program ekstensi, gelar D3 milikmu akan berganti menjadi S1.

Banyak Universitas yang membuka program ekstensi, Universitas Stikubank Semarang juga membuka program Ekstensi bisa dari lulusan unisbank sendiri maupun lulusan kampus lain. Untuk info detail bisa cek pmb.unisbank.ac.id

Program kuliah ekstensi dari D3 ke S1 ada beragam manfaatnya, berikut keuntungan yang bisa kamu peroleh:

  1. Meningkatkan Jenjang Karir

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan jika mengambil program kuliah ekstensi D3 ke S1 adalah dapat meningkatkan jenjang karir. Mengikuti program ekstensi skill dan kemampuan yang dipunya akan semakin meningkat sehingga bisa lebih bersaing di dunia kerja. Jadi, value yang dimiliki akan semakin bertambah dan tentunya dilirik rekrutmen. Selain itu, jika akan naik jabatan biasanya salah satu syarat yang diminta kantor adalah mengenai gelar, tentunya perlu mengambil program ekstensi untuk mendapat jenjang karir yang lebih baik.

  1. Meningkatkan Skill

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setelah lulus program ekstensi kemampuan atau skill yang dimiliki di bidang tertentu akan semakin meningkat. Selain itu, ketika berkuliah D3 kamu dididik untuk siap terjun ke dunia kerja sedangkan kuliah S1 lebih fokus dalam menguasai teori dan praktik sehingga diharapkan setelah menempuh program ini nantinya bisa menerapkan konsep ilmu dengan lebih matang di dunia kerja.

  1. Bisa Berkuliah Sambil Kerja

Dengan mengikuti program ekstensi dari D3 ke S1 kamu bisa berkuliah dan bekerja sekaligus tanpa mendapat kesulitan finansial karena telah memiliki gaji tetap. Umumnya, kelas ekstensi untuk karyawan dilakukan saat weekend atau malam hari sehingga tidak perlu khawatir. Namun, perlu diingat jika kelas ekstensi ini juga membutuhkan kemampuan manajemen waktu yang baik agar jangan sampai kuliah mengganggu waktu kerja dan sebaliknya.

  1. Memperluas Relasi dan Peluang Kerja

Saat bergabung dalam program ekstensi, tentunya akan berbaur dengan mahasiswa lain dengan beragam latar belakang seperti fresh graduate atau karyawan. Dari berkenalan dengan mereka tentunya akan membangun relasi dan menambah kenalan. Hal itu menjadi keuntungan bagi kamu apalagi jika temanmu adalah salah satu karyawan dari perusahaan yang kita idamkan. disitulah jadi bisa bertanya mengenai tips atau kiat-kiat bekerja di perusahaan tersebut dan mengikuti jejak temanmu untuk bekerja disana. 

Setelah mengetahui apa itu program ekstensi dan manfaatnya, Seberapa penting sih sebenarnya kuliah ekstensi dari D3 ke S1 itu? Urusan penting atau tidaknya itu tergantung kebutuhan masing-masing individu. Bisa jadi memang butuh ekstensi untuk meningkatkan skill dan memperluas jenjang karir atau mungkin juga belum membutuhkannya dan ingin langsung bekerja lebih dulu setelah lulus D3. 

Namun, seperti yang sudah dibahas ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari mengikuti program ekstensi ini. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu mengikuti ekstensi untuk meningkatkan kualitas diri. Tentunya sesuaikan dengan budget dan kemampuan yang kita miliki juga.

Leave a comment