Skip links

Magang Cara Mengembangkan Potensi dan Relasi

Kuliah tidak hanya belajar teori. Masa perkuliahan jadi waktu yang tepat untuk mahasiswa mencari banyak pengalaman untuk bekal setelah lulus nantinya. Salah satu bekal penting yang bisa menambah wawasan dan pengalaman dapat didapatkan melalui program magang.

Magang merupakan wadah bagi mahasiswa untuk dapat merasakan secara langsung seperti apa dunia kerja, budaya, dan etos kerja. Meskipun dalam magang tidak mengikat seperti kerja fulltime dan tidak selalu mendapat gaji bulanan seperti pekerja tetap. Namun, ilmu dan pengalaman saat magang belum tentu bisa didapatkan selama berkuliah. 

Berikut alasan mengapa magang menjadi suatu hal yang penting bagi mahasiswa.

  • Meningkatkan Wawasan dan Kompetensi

Ilmu yang didapat saat berkuliah tanpa diterapkan seakan sia-sia. Program magang hadir agar mahasiswa dapat secara langsung menerapkan ilmu yang telah dipelajari. Wawasan baru nantinya akan diperoleh dari dunia kerja saat magang. Tidak hanya wawasan, kemampuan non-teknis yang secara otodidak ada pada diri seseorang pun akan ikut berkembang. contohnya  kemampuan berkomunikasi, mengelola kerja tim, beradaptasi pada lingkungan, bersosialisasi dan ketelitian dalam bekerja. Kemampuan non-teknik inilah yang tidak semua bisa didapatkan saat berada di bangku kuliah.

  • Menambah Relasi

Magang menjadi salah satu program untuk menambah relasi baru. Melalui magang kita akan menemui orang-orang baru sekaligus lingkungannya. Dari sinilah bisa dapat berbagi pengalaman dan memperluas jaringan yang mungkin akan berguna di kemudian hari. Lingkaran pertemananmu juga tak lagi sebaya, namun juga  yang berusia di atas kita.

  • Merasakan Pengalaman Kerja Sesungguhnya

Adanya program magang membuat mahasiswa harus beradaptasi dengan jenis pekerjaan yang dipegangnya. Mulai dari manajemen waktu, disiplin, hingga bertanggung jawab dalam pekerjaan. Nantinya juga berkesempatan beradaptasi dengan berbagai kepribadian setiap karyawaan. Saat inilah mahasiswa dilatih sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

  •  Kesempatan Direkrut Setelah Lulus Kuliah

Mahasiswa yang bekerja dengan baik saat magang tentu akan mendapat penilaian bagus dari pihak perusahaan. Hal ini akan memberi kesempatan lebih besar kepada mahasiswa tersebut untuk direkrut secara langsung menjadi karyawan tetap di tempatnya magang ketika lulus kuliah. Tidak sedikit yang sudah merasakannya, itu semua tentu karena kinerja yang dilakukan saat magang sangat baik dan maksimal.

  •  Memperkaya CV

Pengalaman mengikuti magang dapat dicantumkan dalam Curriculum Vitae (CV) yang nantinya menjadi bekal penting saat lulus kuliah. Adanya pengalaman magang ini membuat CV lebih menarik sehingga kesempatan diterima kerja menjadi lebih besar. Sebab, hal utama yang dilihat oleh perekrut pekerjaan adalah CV dan surat lamaran kerja yang diajukan.

Leave a comment