Skip links

Mengenal Program Kreativitas Mahasiswa

Masa perkuliahan menjadi masa yang paling tepat bagi mahasiswa untuk menggali potensi diri dan mengembangkan keahlian dan pengalaman, baik akademik dan non akademik.

Apa itu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Program Kreativitas Mahasiswa adalah sebuah wadah yang bisa mahasiswa manfaatkan untuk menuangkan  dan mewujudkan ide kreatif dan inovatifmu. 

Dengan adanya PKM diharapkan mampu mempersiapkan sumber daya mahasiswa yang unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, berdaya saing dengan karakter pancasila, serta menjadi mahasiswa yang berkarakter.

 

Manfaat Mengikuti PKM Mahasiswa

Ada beberapa manfaat dalam membuat PKM yang jarang diketahui mahasiswa:

  • Lebih dekat dengan Dosen

Kedekatan dengan dosen pembimbing PKM akan semakin baik karena frekuensi mahasiswa dalam berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Seperti halnya tugas kuliah (mandiri) yang lain, penyusunan proposal PKM harus dilakukan dengan mempertimbangkan masukan dari dosen pembimbing agar hasilnya lebih berbobot.Kemampuan 

  • Kemampuan Menulis Meningkat 

Pembuatan proposal PKM tidak dapat dibuat sesuai keinginan diri sendiri. Proposal harus mengikuti format penulisan yang tertera di buku pedoman. Secara tidak langsung itu artinya mahasiswa sudah diajarkan bagaimana cara membuat tulisan yang benar dan baku.

  • Mendapatkan Pengalaman Baru

Selain menguraikan semua kegiatan yang akan dilaksanakan, proposal PKM juga harus dilengkapi dengan RAB atau Rencana Anggaran Biaya. Tidak semua mahasiswa bisa membuat RAB, kecuali para mahasiswa aktifis kampus yang sering mengadakan kegiatan.

  • Mendapatkan Dana Kegiatan dan Masuk Pimnas

Apabila proposal PKM nantinya dinyatakan lolos, Tim PKM akan mendapatkan pendanaan untuk melaksanakan kegiatan menurut proposal yang sudah diajukan. Setelah melaksanakan kegiatan PKM, nantinya akan  dimonitring sebagai pertanggungjawaban kegiatan PKM. Jika nantinya mendapatkan nilai baik dalam monitoring itu, kemungkinan besar bisa berkesempatan menjadi peserta Pimnas.

 

Jenis Program Kreatifitas Mahasiswa:

  • PKM Riset Eksakta (PKM-RE)

PKM-RE merupakan riset mendalam berbasis iptek untuk mengungkap informasi baru di bidang Eksakta, seperti hubungan sebab-akibat, aksireaksi, rancang bangun, eksplorasi, materi alternatif, desain produk atraktif, blue print dan sejenisnya atau identifikasi senyawa kimia aktif. 

  • PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH)

PKM-RSH merupakan riset mendalam berbasis IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) untuk mengungkap informasi baru di bidang Sosial Humaniora, seperti sebab-akibat, penelitian deskriptif tentang perilaku sosial, ekonomi, pendidikan, seni dan budaya masyarakat baik terkait dengan kearifan lokal maupun perilaku kontemporer.

  • PKM Kewirausahaan (PKM-K) 

PKM-K memiliki tujuan untuk menumbuhkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menghasilkan komoditas unik serta merintis kewirausahaan yang berorientasi pada profit. Dalam jenis PKM ini, kamu bisa membuat produk IPTEK sebagai komoditas usahamu.

  • PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM)

PKM-PM bertujuan untuk menumbuhkan empati mahasiswa kepada persoalan yang dihadapi masyarakat melalui produk IPTEK yang diciptakan untuk menjadi solusi tepat bagi persoalan atau kebutuhan masyarakat yang tidak berorientasi pada profit.

  • PKM Penerapan IPTEK (PKM-PI)

PKM-PI adalah kebalikan dari PKM-PM, yaitu PKM yang memiliki tujuan untuk membuka wawasan IPTEK mahasiswa terhadap persoalan yang dihadapi dunia usaha (usaha mikro sampai perusahaan besar) atau masyarakat yang berorientasi pada profit.

  • PKM Karsa Cipta (PKM-KC)

PKM-KC merupakan PKM yang ditujukan untuk pembentukan kemampuan mahasiswa untuk berkreasi menghasilkan hal-hal yang baru dan fungsional atas dasar karsa dan nalarnya. PKM-KC tidak boleh meniru produk yang sudah ada, baik di dalam maupun luar negeri, kecuali memodifikasi prinsip dan/atau fungsinya.

  • PKM Karya Inovatif (PKM-KI)

PKM-KI adalah PKM yang bertujuan untuk menumbuhkan sensitivitas mahasiswa terhadap problematika faktual di masyarakat atau dunia usaha, dan sekaligus mengasah kreativitas untuk menghasilkan karya fungsional inovatif yang solutif berbasis IPTEK.

  • PKM Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK) 

PKM-VGK adalah PKM berproduk akhir video yang bertujuan untuk memotivasi partisipasi mahasiswa dalam mengelola imajinasi, persepsi dan nalarnya, memikirkan tata kelola yang konstruktif sebagai upaya pencapaian tujuan Sustainable Development Goals di Indonesia maupun untuk menghadirkan solusi untuk masalah keprihatinan bangsa Indonesia.

  • PKM Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT) 

PKM-GFT merupakan PKM berupa karya tulis yang memuat ide-ide masa depan yang bertujuan untuk meningkatkan daya imajinasi mahasiswa dalam merespon tantangan zaman. Karya tulis dapat berupa konsep perubahan dan/atau pengembangan dari berbagai aspek berbangsa yang bersifat futuristik, jangka panjang, dan berpotensi untuk direalisasikan. 

  • PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI) 

PKM-AI merupakan PKM di mana kamu menghasilkan karya tulis ilmiah. Program penulisan artikel ilmiah ini bersumber dari hasil kegiatan akademik lainnya dalam bidang pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat. Contohnya seperti studi kasus, praktik lapang, KKN, PKM pendanaan yang tidak lolos PIMNAS, magang, dan lain-lain, yang merupakan hasil kerja kelompok.