Skip links

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran, Prodi Akuntansi Mengadakan Pelatihan Penyusunan Modul Berbasis Studi Kasus

Merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) sudah diimplementasikan oleh Universitas Stikubank sejak tahun 2021. Program ini dicanangkan dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan. Berbagai kegiatan dilakukan untuk mendukung keberhasilan program kampus merdeka. Adanya hibah Akselerasi Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) dari Kemendikbudristek yang didapatkan oleh Program Studi S1 Akuntansi menjadi salah satu faktor pendukung dalam menyukseskan program ini. Berbagai kegiatan diusulkan oleh Program Studi S1 Akuntansi dalam program KPT tahun 2022, salah satu diantaranya adalah pelatihan penyusunan modul pembelajaran berbasis  studi kasus. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan, setelah sebelumnya dilakukan rangkaian  kegiatan workshop penyusunan dokumen kurikulum dan Peningkatan Pemahaman MBKM pada tanggal 15 – 16 Juli 2022.

Pelatihan penyusunan modul pembelajaran berbasis  studi kasus/project ini dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2022. Narasumber di pelatihan ini adalah Vena Purnamasari, SE., M.Si., CPA., CPMA. Beliau adalah Dewan Pengurus Pusat Institute Akuntan Manajemen Indonesia (DPP-IAMI) Bidang PPL, serta Trainer Review CPMA untuk Certification Center for Professional Accountant (CCPA).  Sedangkan peserta kegiatan pelatihan ini berasal dari dosen-dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNISBANK.  Muara dari kegiatan pelatihan ini adalah pembuatan modul pembelajaran berbasis studi kasus/project sebagai salah satu outcome dalam hibah Akselerasi Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) dari Kemendikbudristek yang didapatkan oleh Program Studi S1 Akuntansi. Modul pembelajaran berbasis studi kasus penting dalam menunjang proses merdeka belajar. Bahan ajar ini diharapkan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berpikir logis, kritis dan kreatif. Modul pembelajaran berbasis studi kasus ini merupakan salah satu sarana dalam implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan Case-Based Learning (CBL). Baik PBL maupun CBL merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada mahasiswa, dimana mahasiswa diharapkan aktif menggali dan menemukan masalah, serta pemecahannya.